Sabtu, 16 Maret 2019

ALLAHU AKBAR… (Di Balik Orang-orang Besar Ada Seorang Ibu Yang Mendidiknya)

لله درها
ﺃﺭﺳﻞ ﺍﺑﻦ ﺗﻴﻤﻳﺔ ـ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ – ﺭﺳﺎﻟﺔ ﻷﻣﻪ، ﻳﻌﺘﺬﺭ ﻟﻬﺎ ﻓﻴﻬﺎ ﻋﻦ ﺑُﻌْﺪِﻩِ ﻋﻨﻬﺎ ﻷﻳﺎﻡ ﻭﺇﻗﺎﻣﺘﻪ ﻓﻰ ﻣﺼﺮ ﻟﺒﻌﺾ ﺷؤﻮﻥ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻭﺍﻟﺪﻋﻮﺓ ..
ﻓﻠﻤﺎ ﻭﺻﻠﺘﻬﺎ ﺍﻟﺮﺳﺎﻟﺔ ﺭﺩﺕ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﻣﻪ ﻓﻘﺎﻟﺖ :
ﻭﻟﺪﻱ ﺍﻟﺤﺒﻴﺐ ﺍﻟﺮﺿﻲّ/ ﺃﺣﻤﺪ ﺍﺑﻦ ﺗﻴﻤﻴﺔ..
ﻭﻋﻠﻴﻚ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻭﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﺮﻛﺎﺗﻪ ﻭﻣﻐﻔﺮﺗﻪ ﻭﺭﺿﻮﺍﻧﻪ ..
ﻓﺈﻧﻪ ﻭﺍﻟﻠﻪ ﻟﻤﺜﻞ ﻫﺬﺍ ﺭﺑﻴﺘﻚ، ﻭﻟﺨﺪﻣﺔ ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻭﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﻧﺬﺭﺗﻚ، ﻭﻋﻠﻰ ﺷﺮﺍﺋﻊ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻋﻠﻤﺘﻚ …ﻭﻻ ﺗﻈﻨﻦَّ ﻳﺎﻭﻟﺪﻱ ﺃﻥ ﻗﺮﺑﻚ ﻣﻨﻲ ﺃﺣﺐ ﺇﻟﻲ ﻣﻦ ﻗﺮﺑﻚ ﻣﻦ ﺩﻳﻨﻚ ﻭﺧﺪﻣﺘﻚ ﻟﻺﺳﻼﻡ ﻭﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﻓﻲ ﺷﺘّﻰ ﺍﻷﻣﺼﺎﺭ ..
ﺑﻞ – ﻳﺎ ﻭﻟﺪﻱ – ﺇﻥَّ ﻏﺎﻳﺔ ﺭﺿﺎﺋﻲ ﻋﻠﻴﻚ ﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﺇﻻ ﺑﻘﺪﺭ ﻣﺎ ﺗﻘﺪﻣﻪ ﻟﺪﻳﻨﻚ ﻭﻟﻠﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ..
ﻭﺇﻧﻲ – ﻳﺎﻭﻟﺪﻱ – ﻟﻦ ﺃﺳﺄﻟﻚ ﻏﺪﺍً ﺃﻣﺎﻡ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻦ ﺑﻌﺪﻙ ﻋﻨﻲ، ﻷﻧﻲ ﺃﻋﻠﻢ ﺃﻳﻦ ﻭﻓﻴﻢ ﺃﻧﺖ ..
ﻭﻟﻜﻦ – ﻳﺎ ﺃﺣﻤﺪ – ﺳﺄﺳﺄﻟﻚ ﺃﻣﺎﻡ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺃﺣﺎﺳﺒﻚ ﺇﻥ ﻗﺼّﺮﺕ ﻓﻲ ﺧﺪﻣﺔ ﺩﻳﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺧﺪﻣﺔ ﺃﺗﺒﺎﻋﻪ ﻣﻦ ﺇﺧﻮﺍﻧﻚ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ …
ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻚ، ﻭﺃﻧﺎﺭ ﺑﺎﻟﺨﻴﺮ ﺩﺭﺑﻚ، ﻭﺳﺪﺩ ﺧﻄﺎﻙ، ﻭﺟﻤﻌﻨﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﺗﺤﺖ ﻇﻞ ﻋﺮﺵ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ، ﻳﻮﻡ ﻻ ﻇﻞ ﺇﻻ ﻇﻠﻪ ..
ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻭﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﺮﻛﺎته”.

ﻣﺠﻤﻮﻉ ﺍﻟﻔﺘﺎﻭﻯ ( 48 / 28 )

Imam Ibnu Taimiyah mengirim surat kepada ibunya, meminta udzur karena jauhnya beliau dari sang ibu. Untuk beberapa hari beliau tinggal di Mesir untuk kepentingan dakwah dan urusan agama.
Ketika surat sampai pada ibunda beliau maka sang ibu pun menjawab,

Anakku tercinta yang diridhai, Ahmad bin Taimiyah, Wa ‘alaikas salam wa rahmatullah wa barakatuh wa maghfiratuh wa ridhwanuh….

Sungguh demi Allah, untuk seperti ini aku mendidikmu, untuk berkhidmat pada Islam dan Muslimin. Aku nadzarkan dirimu, aku ajarkan padamu syariat agama ini.

Wahai anakku…
Jangan sekali-kali engkau sangka bahwa kedekatanmu padaku lebih aku senangi daripada kedekatanmu pada agamamu dan khidmatmu pada Islam dan Muslimin di berbagai negeri.

Bahkan wahai anakku…
Puncak keridhaanku padamu sebatas apa yang engkau berikan untuk agamamu dan Muslimin.

Wahai anakku…
Sungguh esok aku tak akan menanyaimu di hadapan Allah tentang jauhmu dariku, karena aku tahu di mana dan apa yang engkau kerjakan.

Akan tetapi, wahai Ahmad…
Akan aku tanya dan aku perhitungkan engkau di hadapan Allah jika engkau kurang dalam berkhidmat untuk agama Allah, untuk pengikut-Nya dari saudara-saudaramu kaum muslimin.
Semoga Allah meridhaimu dan menerangi jalanmu dengan kebaikan, serta meluruskan langkahmu.
Semoga Allah menyatukan aku dan engkau dibawah ‘Arsy Ar-Rahman di hari yang tiada naungan kecuali naungan-Nya.

Wassalamu ‘alaikum wa rahmatullah wa barakatuh. (Majmu Fatawa: 28/48)

Al-Ustadz Usamah Mahri berkata, “Ya Allah jadikan ibu para thullabul ilmi seperti ibu Syaikhul Islam, amiiin…

رحمه الله ورحم أمه. وأسكنهم فسيح جناته”

(Faedah ilmiah dari al-Ustadz Usamah Mahri hafizhahullah
  
Sumber :
http://bit.ly/thoriqussalaf
http://forumsalafy.net/allahu-akbar-di-balik-orang-orang-besar-ada-seorang-ibu-yang-mendidiknya/